Friday, January 11, 2019

Cara Membuat Macro Dengan Pulover's Macro Creator


Pernahkah Anda mendengar istilah Macro entah itu dalam video games atau dalam pekerjaan ? ya Macro merupakan sebuah sederetan fungsi atau perintah dalam keadaan atau waktu tertentu yang berjalan sesuai keinginan user atau di pengguna. Macro sendiri kegunaannya sekarang ini sangatlah penting entah itu dalam lingkungan kerja seperti macro pada microsoft excel ataupun hanya untuk bermain game seperti macro auto clicker dan aimbot.

Pada kali ini kita akan membahas tentang cara membuat dan mengeksekusi macro dari salah satu platform yang menyediakan software pembuat macro secara gratis yaitu Pulover's Macro Creator.

Pulover's Macro Creator adalah sebuah software untuk membuat Macro entah itu dengan cara memberikan sederetan perintah secara langsung dengan fitur-fitur yang disediakan atau Anda bisa langsung merekam aktifitas Anda agar selanjutnya program dapat mengeksekusi setiap detail yang Anda lakukan. Seperti dibawah ini.


Oke sekarang langsung saja kita coba membuat Macro tersebut.


  1. Pertama download software nya di sini 
  2. Lalu buka Software tersebut maka akan ada tampilan seperti ini : 

Jika ini pertamakali anda menginstal software tersebut mungkin anda akan melihat halaman tab yang berbeda yang sudah diisi dengan macro preview dari sang Developer. Anda bisa mengabaikannya untuk sementara dengan menutup aplikasi tersebut dan membukannya lagi.

       3. Lalu bukalah Notepad
       4. Dan kembali ke aplikasi Pulover's Macro Creator silahkan tekan tombol rekam merah di tab bagian atas
  
       5. Akan ada dialog yang berbunyi F9 untuk memulai/berhenti merekam dan F10 untuk  mempause rekaman
       6.  Lalu Tekan F9 dan kembali ke tab aplikasi Notepad dan ketiklah sesuatu yang anda inginkan seperti :


       7. Lalu tekan F9 lagi untuk memberhentikan rekaman, dan kembali ke tab Pulover's Macro Creator maka anda akan melihan sederetan perintah seperti ini :

       8. Lalu silahkan pilih Hotkey seperti apa yang anda inginkan untuk mengeksekusi makro tersebut dibagian pojok kanan atas seperti Screenshoot di bawah ini :

  disini saya menggunakan huruf 'q' untuk mengeksekusi Macro

       9. Silahkan kembali Ke Notepad dan tekan tombol Hotkey yang sudah anda atur sebelumnya maka akan keluar seluruh perintah yang anda lakukan sebelumnya berupa tulisan di Notepad maka selamat anda sudah bisa membuat sebuah Macro.

Namun Macro tersebut merupakan Macro yang paling dasar, Untuk yang lebih mendalam atau sulit anda bisa memanfaatkan Macro untuk mencari gambar tertentu untuk mengeksekusi program atau warna yang diinginkan dalam jangkauan tertentu di layar Anda, Sekian tentang Macro.

No comments:

Post a Comment